Laporkan Penyalahgunaan

Tips Gaya Hidup Minimalis untuk Menghilangkan Stres dan Menghemat Uang

Posting Komentar


Gaya hidup minimalis (minimalisme) telah menjadi gaya hidup populer dalam beberapa tahun terakhir. 

Ketika Anda hidup sebagai seorang minimalis, Anda berusaha untuk hanya menggunakan hal-hal yang memiliki tujuan. Ini tentang hidup sederhana dan hanya memiliki apa yang Anda butuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. 

Misalnya, beberapa orang mungkin memulai tantangan tanpa pengeluaran atau hanya mengisi rumah mereka dengan barang-barang yang benar-benar mereka butuhkan. Anda tidak hanya dapat menghemat uang, tetapi Anda juga dapat menghemat waktu untuk membersihkan dan mengatur.

Mempraktikkan minimalis adalah proses yang berkelanjutan. Banyak dari kita mungkin memiliki terlalu banyak barang, dan bahkan mungkin menghabiskan terlalu banyak untuk pembelian yang tidak perlu. Menetapkan anggaran yang konsisten dan sehat akan membantu Anda mengurangi hal-hal yang tidak Anda butuhkan dan bahkan dapat mengurangi kecemasan dan stres Anda. 


Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis

Saat pertama kali memulai perjalanan Anda, penting untuk memulai dari yang kecil. Dari mengubah kebiasaan belanja Anda menjadi sangat digital, ada banyak cara untuk mengubah rutinitas Anda. Berikut adalah tips masuk kami untuk memulai perjalanan minimalis Anda.


Kualitas Barang, Bukan Kuantitas

Minimalis tidak berarti Anda tidak pernah pergi berbelanja, itu hanya berarti Anda lebih intensional dengan pembelian Anda. Baik Anda membutuhkan sepasang sepatu lari atau celana kerja baru, berinvestasilah dalam barang berkualitas yang akan bertahan lama. Meskipun label harga yang lebih tinggi mungkin kurang ideal pada saat itu, Anda mungkin akan menghemat uang dalam jangka panjang dengan mengurangi pembelian yang sering. 


Digitalisasi Film dan Buku

Jika Anda seorang pembaca buku atau pengamat film, pertimbangkan untuk beralih ke digital dengan koleksi Anda. Ini akan menghemat ruang di rumah Anda dan memastikan Anda selalu dapat menemukan apa yang Anda inginkan. 


Membuang, Membuang, Membuang

Salah satu bagian terpenting dari minimalis adalah mengurangi hal-hal yang tidak Anda butuhkan. Untuk memulai decluttering, mengidentifikasi apa yang melayani tujuan dalam hidup Anda dan apa yang tidak. Dari sana, mulailah melihat bagaimana Anda dapat mengurangi barang-barang yang tidak menambah nilai dalam hidup Anda, dan kemudian membuangnya sepenuhnya. 


Berinvestasi dalam Barang yang Dapat Digunakan Kembali

Saat Anda mulai merapikan rumah Anda, pertimbangkan produk apa yang dapat digunakan kembali. Satu perubahan sederhana adalah menukar botol air sekali pakai Anda dengan botol kaca yang dapat digunakan kembali. Atau, bawalah cangkir kopi yang dapat digunakan kembali setiap kali Anda mengunjungi kafe lokal Anda. 


Berikan Semuanya Tempat

Setelah mempunyai ritme beres-beres, sediakan tempat pada setiap item. Berkreasilah dengan tempat penyimpanan dan pengatur untuk memastikan Anda dapat menyimpan apa yang Anda butuhkan. Jika Anda tidak memiliki tempat untuk beberapa barang ekstra Anda, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan apakah itu barang yang benar-benar perlu Anda simpan. 


Penutup

Luangkan waktu untuk menilai kebiasaan pengeluaran Anda saat ini dan kemudian secara konsisten meninjaunya. Selalu hentikan hal-hal yang menghabiskan ruang atau acara yang menguras energi Anda. Saat Anda merasa lebih nyaman, Anda mungkin menemukan diri Anda ingin menyingkirkan hal-hal yang Anda pikir Anda tidak bisa hidup tanpanya. Misalnya, dapur Anda yang berantakan mungkin tidak berguna jika Anda meraih item yang sama setiap kali Anda memasak — kurangi hal-hal yang tidak Anda gunakan untuk memberi lebih banyak ruang untuk memasak.

Berlatihlah bersyukur dan fokus pada hal-hal positif. Alih-alih menelusuri media sosial, tulislah tiga hingga lima hal yang Anda syukuri. Mempraktikkan rasa syukur sebagai hal pertama di pagi hari dapat membuat Anda berada dalam suasana hati yang positif dan membantu Anda mempersiapkan hari yang akan datang. Bersyukur atas apa yang Anda miliki bahkan dapat mengurangi keinginan Anda untuk menghabiskan terlalu banyak untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan.

Semoga bermanfaat

admin/ hani
Halo, saya Hani

Related Posts

Posting Komentar