Laporkan Penyalahgunaan

Tips Wawancara Kerja Agar Sukses Menghadapi HRD

Posting Komentar


Tips wawancara kerja seringkali diperlukan bagi kalian yang ingin sukses dan tidak gugup menjawab pertanyaan pihak manajemen dari sebuah kantor.

Apalagi bagi kalian yang baru lulus sekolah dan baru pertamakali menghadapi wawancara tentunya tidak mau salah jawab dan tampak culun ya…

Bahkan yang telah berulangkali menghadapi wawancara pun tidak selalu lebih mudah, karena setiap manajemen sesi pertanyaannya juga sering berbeda.

Meskipun demikian, ada cara untuk membuat wawancara kerja terasa jauh lebih sedikit stres. Hanya sedikit waktu persiapan bisa sangat bermanfaat. Semakin banyak waktu yang Anda ambil sebelumnya untuk bersiap-siap, semakin nyaman perasaan Anda selama wawancara yang sebenarnya.

Namun, ingatlah bahwa wawancara kerja bukanlah ujian: Anda tidak perlu belajar berjam-jam. Sebaliknya, Anda hanya perlu melakukan uji tuntas dalam meneliti perusahaan, memahami dengan tepat apa yang mereka cari dalam karyawan baru, dan memastikan bahwa Anda dapat mendiskusikan pengalaman Anda dan apa yang membuat Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu.


Tips Wawancara Kerja Yang Akan Membantu Anda Dipekerjakan

Berlatih dan Persiapkan

Tinjau pertanyaan wawancara kerja umum yang diajukan oleh pemberi kerja dan latih jawaban Anda. Jawaban yang kuat adalah jawaban yang spesifik namun ringkas, berdasarkan contoh nyata yang menonjolkan keahlian Anda dan mendukung resume Anda.

Jawaban Anda juga harus menekankan keterampilan yang paling penting bagi pemberi kerja dan relevan dengan posisi tersebut. Pastikan untuk meninjau daftar pekerjaan, membuat daftar persyaratan, dan mencocokkannya dengan pengalaman Anda.

Bahkan jawaban yang paling dipersiapkan dengan baik pun akan gagal jika tidak menjawab pertanyaan yang Anda ajukan dengan tepat.


Kembangkan Koneksi Dengan Pewawancara

Selain menunjukkan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan, Anda juga harus mencoba mengembangkan koneksi dengan pewawancara Anda. Ketahui nama pewawancara, dan gunakan selama wawancara kerja. Jika Anda tidak yakin dengan namanya, telepon dan tanyakan sebelum wawancara. Dan, dengarkan baik-baik selama perkenalan.

Jika Anda cenderung lupa nama, tulislah di suatu tempat yang tersembunyi, seperti dalam huruf kecil di bagian bawah notepad Anda.

Pada akhirnya, membangun hubungan baik dan menjalin hubungan pribadi dengan pewawancara Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipekerjakan. Orang-orang cenderung merekrut kandidat yang mereka sukai dan yang tampaknya cocok dengan budaya perusahaan. Berikut ini cara membuat manajer perekrutan berada di pihak Anda.


Teliti Perusahaan, dan Tunjukkan Apa yang Anda Ketahui

Kerjakan pekerjaan rumah Anda dan teliti majikan dan industri, sehingga Anda siap untuk pertanyaan wawancara, "Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?" Jika pertanyaan ini tidak diajukan, Anda harus mencoba menunjukkan sendiri apa yang Anda ketahui tentang perusahaan.

Anda dapat melakukan ini dengan mengaitkan apa yang telah Anda pelajari tentang perusahaan ke dalam tanggapan Anda. Misalnya, Anda mungkin mengatakan:

Saya perhatikan bahwa ketika Anda menerapkan sistem perangkat lunak baru tahun lalu, peringkat kepuasan pelanggan Anda meningkat secara dramatis. 

Saya berpengalaman dalam teknologi terbaru dari pengalaman saya dengan mengembangkan perangkat lunak di ABC, dan menghargai perusahaan yang berusaha untuk menjadi pemimpin dalam industrinya.

Anda harus dapat menemukan banyak informasi tentang sejarah perusahaan, misi dan nilai-nilai, staf, budaya, dan kesuksesan baru-baru ini di situs webnya. Jika perusahaan memiliki blog dan media sosial, mereka juga bisa menjadi tempat yang berguna untuk dilihat.


Persiapkan Diri Sebelumnya

Tips wawancara kerja yang tak kalah penting adalah, jangan menunggu hingga menit terakhir untuk memilih pakaian untuk wawancara, mencetak salinan tambahan resume Anda, atau menemukan buku catatan dan pena. Siapkan satu pakaian wawancara yang bagus, sehingga Anda dapat mewawancarai dalam waktu singkat tanpa harus khawatir tentang apa yang akan dikenakan.

Saat Anda memiliki jadwal wawancara, siapkan semuanya pada malam sebelumnya.

Pastikan pakaian wawancara Anda rapi, rapi, dan sesuai untuk jenis perusahaan yang Anda wawancarai. Bawa portofolio bagus dengan salinan tambahan resume Anda. Sertakan pena dan kertas untuk mencatat.

Jika Anda mewawancarai secara virtual (online), siapkan semua teknologi dan persiapkan terlebih dahulu. Lakukan uji coba untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik, dan Anda merasa nyaman dengannya.


Tepat Waktu (Artinya Lebih Awal)

Datanglah tepat waktu untuk wawancara. Tepat waktu berarti lima sampai sepuluh menit lebih awal. Jika perlu, pergilah ke lokasi wawancara sebelumnya sehingga Anda tahu persis ke mana Anda akan pergi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana.

Perhitungkan waktu wawancara Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan pola lalu lintas lokal saat itu. Beri diri Anda beberapa menit ekstra untuk mengunjungi kamar kecil, memeriksa pakaian Anda, dan menenangkan saraf Anda.


Cobalah untuk Tetap Tenang

Tips wawancara kerja berikut, cobalah untuk rileks dan tetap setenang mungkin. Ingatlah bahwa bahasa tubuh Anda mengungkapkan banyak hal tentang Anda seperti jawaban Anda atas pertanyaan. Persiapan yang tepat akan memungkinkan Anda memancarkan kepercayaan diri:

  • Saat Anda menjawab pertanyaan, pertahankan kontak mata dengan pewawancara.
  • Pastikan untuk memperhatikan pertanyaan agar Anda tidak melupakannya, dan dengarkan seluruh pertanyaan (menggunakan mendengarkan secara aktif) sebelum Anda menjawab, sehingga Anda tahu persis apa yang ditanyakan pewawancara.
  • Hindari memotong pewawancara dengan segala cara, terutama ketika dia mengajukan pertanyaan.

Jika Anda perlu meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan jawaban Anda, itu tidak masalah, dan merupakan pilihan yang lebih baik daripada memulai dengan beberapa “ums” atau “aaa-eee.”


Tindak Lanjut Setelah Wawancara

Selalu tindak lanjuti dengan menambah kata ‘terima kasih’ yang menegaskan kembali minat Anda pada posisi tersebut. Anda juga dapat memasukkan detail apa pun yang mungkin lupa Anda sebutkan selama wawancara.

Selalu memantau hasil wawancara akan sangat berguna bila Anda juga mengajukan lamaran kerja ke perusahaan lain. Dengan demikian memudahkan kita segera move-on untuk tidak berlama-lama menunggu jawaban hasil wawancara.


Semoga sukses.


Sumber:

https://www.thebalancecareers.com/

admin/ hani
Halo, saya Hani

Related Posts

Posting Komentar