Laporkan Penyalahgunaan

Cara Menyusun Rencana Bisnis Dalam 7 Langkah Sederhana

Posting Komentar

 

sumber: WeWork 222 Exhibition Street in Melbourne, Australia.



Menyusun rencana bisnis merupakan langkah penting bagi siapapun yang mempunyai bisnis tidak tergantung besar kecilnya usaha yang dirintis.

Rencana bisnis adalah dokumen formal yang menguraikan tujuan, arah, keuangan, tim, dan perencanaan masa depan bisnis Anda. 

Ini dapat diarahkan kepada investor, dalam upaya untuk meningkatkan modal, atau digunakan sebagai dokumen internal untuk menyelaraskan tim dan memberikan arahan. 

Ini biasanya mencakup riset pasar yang ekstensif, analisis pesaing, dokumentasi keuangan, dan gambaran umum tentang bisnis dan strategi pemasaran Anda. Ketika ditulis secara efektif, rencana bisnis dapat membantu menentukan tindakan dan menjaga pemilik bisnis tetap pada jalurnya untuk memenuhi tujuan bisnis.


Bagaimana membuat rencana bisnis dan 7 komponen yang dibutuhkan setiap rencana?

Meskipun tidak ada format yang ditetapkan untuk menulis rencana bisnis, ada beberapa elemen yang biasanya disertakan. Inilah yang penting untuk dipertimbangkan saat menulis rencana bisnis Anda.


Ringkasan Eksekutif

Tidak lebih dari setengah halaman, ringkasan eksekutif harus secara singkat memperkenalkan bisnis Anda dan menjelaskan tujuan rencana bisnis. Apakah Anda menulis rencana untuk menarik modal? Jika demikian, tentukan berapa banyak uang yang ingin Anda kumpulkan, dan bagaimana Anda akan membayar kembali pinjaman tersebut. Jika Anda menulis rencana untuk menyelaraskan tim Anda dan memberikan arahan, jelaskan pada tingkat tinggi apa yang ingin Anda capai dengan penyelarasan ini, serta ukuran dan keadaan tim Anda yang ada.

Ringkasan eksekutif harus menjelaskan apa yang dilakukan bisnis Anda, dan memberikan gambaran pendahuluan tentang kesehatan finansial dan pencapaian besar Anda hingga saat ini.


Deskripsi perusahaan

Untuk memperkenalkan perusahaan Anda dengan benar, penting juga untuk menggambarkan industri yang lebih luas. Berapa nilai finansial pasar Anda? Apakah ada tren pasar yang akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan Anda? Bagaimana keadaan industri dan potensi masa depannya? Gunakan data untuk mendukung klaim Anda dan pastikan untuk menyertakan keseluruhan informasi—baik positif maupun negatif—untuk memberikan gambaran yang lengkap dan akurat tentang lingkungan perusahaan Anda kepada investor dan karyawan Anda.

Lanjutkan untuk menggambarkan perusahaan Anda dan apa yang diberikannya kepada pelanggan Anda. Apakah Anda pemilik tunggal, LLC, kemitraan, atau korporasi? Apakah Anda perusahaan mapan atau startup pemula? Seperti apa tim kepemimpinan Anda dan berapa banyak karyawan yang Anda miliki? Bagian ini harus memberikan konteks historis dan masa depan seputar bisnis Anda, termasuk kisah pendiriannya, pernyataan misi, dan visi untuk masa depan.


Analisis dan peluang pasar

Penelitian adalah kunci dalam menyelesaikan rencana bisnis dan, idealnya, lebih banyak waktu harus dihabiskan untuk penelitian dan analisis daripada menulis rencana itu sendiri. Memahami ukuran, pertumbuhan, sejarah, potensi masa depan, dan risiko saat ini yang melekat pada pasar yang lebih luas sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda, dan pertimbangan ini harus dijelaskan di sini.

Selain itu, penting untuk memasukkan penelitian ke dalam target demografi produk atau layanan Anda. Ini mungkin dalam bentuk persona pelanggan fiktif, atau gambaran umum yang lebih luas tentang pendapatan, lokasi, usia, jenis kelamin, dan kebiasaan membeli pelanggan Anda yang sudah ada dan potensial.

Meskipun penelitian harus objektif, analisis di bagian ini adalah tempat yang baik untuk menegaskan kembali titik perbedaan Anda dan cara Anda berencana untuk menangkap pasar dan melampaui pesaing Anda.


Analisis kompetitif

Selain menjelaskan elemen yang membedakan Anda dari pesaing Anda, penting untuk memberikan analisis mendalam tentang pesaing Anda sendiri.

Penelitian ini harus menyelidiki operasi, keuangan, sejarah, kepemimpinan, dan saluran distribusi pesaing langsung dan tidak langsung Anda. Ini harus mengeksplorasi proposisi nilai dari pesaing ini, dan menjelaskan cara Anda dapat bersaing dengan, atau memanfaatkan, kekuatan dan kelemahan mereka.


Rencana pelaksanaan: operasi, pengembangan, manajemen

Segmen ini memberikan detail seputar bagaimana Anda akan melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk memenuhi rencana ini. Ini harus mencakup informasi tentang struktur organisasi Anda dan operasi sehari-hari tim, kontraktor, dan aset fisik dan digital Anda.

Pertimbangkan untuk menyertakan bagan organisasi perusahaan Anda, serta informasi yang lebih mendalam tentang tim kepemimpinan: Siapa mereka? Apa latar belakang mereka? Apa yang mereka bawa ke meja? Berpotensi sertakan resume orang-orang kunci di tim Anda.

Untuk startup, rencana eksekusi Anda harus mencakup berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memulai operasi, dan berapa lama lagi untuk mencapai profitabilitas. Untuk perusahaan yang sudah mapan, ada baiknya untuk menguraikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan rencana Anda, dan cara-cara di mana Anda akan mengubah operasi yang ada.


Rencana pemasaran

Sangat penting untuk memiliki rencana pemasaran yang komprehensif saat Anda menskalakan operasi atau memulai strategi baru—dan ini harus dibagikan dengan pemangku kepentingan dan karyawan Anda. Segmen rencana bisnis Anda ini harus menunjukkan bagaimana Anda akan mempromosikan bisnis Anda, menarik pelanggan, dan mempertahankan klien yang sudah ada.

Sertakan pesan merek, aset pemasaran, serta garis waktu dan anggaran untuk melibatkan konsumen di berbagai saluran. Berpotensi memasukkan analisis SWOT pemasaran ke dalam kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Anda. 


Sejarah dan proyeksi keuangan

Sangat penting untuk mengungkapkan semua keuangan yang terlibat dalam menjalankan perusahaan Anda dalam rencana bisnis Anda. Ini agar pemegang saham Anda benar-benar memahami bagaimana kinerja Anda diproyeksikan ke depan, dan kemajuan yang telah Anda buat sejauh ini.

Anda harus menyertakan laporan laba rugi Anda, yang menguraikan keuntungan atau kerugian bersih tahunan; laporan arus kas, yang menunjukkan berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk memulai atau menskalakan operasi; dan neraca yang menunjukkan kewajiban dan aset keuangan.


Semoga bermanfaat

admin/ hani
Halo, saya Hani

Related Posts

Posting Komentar