Laporkan Penyalahgunaan

Tips Memelihara Kucing Bagi Pemula. Jangan Sampai Salah Elus

Posting Komentar
https://tractive.com/


Tips memelihara kucing sangat diperlukan bagi seseorang yang menjadi pemilik kucing baru. Anda hanya menginginkan yang terbaik untuk anbul (anak berbulu) tersebut kan ya. 

Bagaimana Anda bisa membuat rumah senyaman mungkin ketika semuanya begitu baru bagi Anda dan si kucing? 

Apa yang dapat dilakukan untuk membantu kucing Anda merasa aman, sehat, dan bahagia? 

Biasanya pemilik kucing pertama kali akan menyertakan penggaruk kucing, kotak pasir ekstra, dan meluangkan waktu untuk bermain. 

Mengelus kucing mungkin terdengar sederhana, tetapi untuk anak-anak atau orang yang tidak menghabiskan banyak waktu di sekitar kucing, penting untuk mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk mendekati dan menyentuh kucing. 

Mengelus di tempat yang salah atau menggunakan terlalu banyak tenaga atau kecepatan dapat membuat beberapa kucing gelisah, sehingga menyebabkan mereka menggigit atau mencakar. 


Berikut adalah tips cara memelihara kucing yang harus diketahui semua pemilik kucing baru.


1-Bantu Kucing Anda Merasa Aman dan Terjamin

Kucing Anda akan sedikit canggung pada awalnya, jadi cobalah untuk membuat rumah senyaman mungkin. Wajar jika kucing Anda merasa gugup dan inginnya bersembunyi. Kucing umumnya tidak menyukai perubahan, dan dia mungkin perlu waktu untuk terbiasa dengan semua bau dan suara baru di rumah Anda.

Anda dapat membantu dengan memberi kucing ruang sendiri di mana ia dapat rebahan dan merasa aman. Saat kucing sudah merasa lebih aman, ia cenderung tidak akan mengalami respons stres seperti menggaruk dan menyemprot. 


2-Kunjungi Dokter Hewan

Kunjungi dokter hewan terpercaya, jadwalkan pemeriksaan untuk mencek kesehatan teman baru Anda, terutama bila Anda seorang pecinta lingkungan yang akan mengadopsi kucing jalanan. Pastikan juga kucing Anda mendapatkan vaksin untuk menjaganya dari virus dan penyakit menular lainnya.


3-Perkenalkan Kucing Anda ke Hewan Peliharaan Lain Secara Perlahan

Saat Anda membawa pulang kucing baru, perkenalkan dia secara perlahan ke hewan peliharaan Anda yang lain. Simpan kucing baru di ruangan terpisah dan beri makan hewan peliharaan Anda di kedua sisi pintu yang tertutup. Letakkan selimut masing-masing hewan peliharaan di kandanghewan peliharaan lain dan tukar kandang sesekali agar mereka terbiasa dengan bau satu sama lain. 


4-Cobalah Berbagai Jenis Kotak Pasir

Idealnya setiap kucing memiliki satu kotak pasir untuk kotoran, ditambah kotak tambahan. Kucing bisa mendapatkan sedikit teritorial tentang kotak pasir mereka, jadi pastikan kucing baru Anda memiliki cukup ruang.

Anda mungkin juga ingin mencoba berbagai gaya kotoran dan kotak. Beberapa kucing lebih menyukai kotoran yang lebih lembut, sementara kucing berbulu panjang mungkin lebih menyukai kotoran kristal yang tidak menempel pada bulunya. Kucing mungkin menyukai kotak tertutup, kotak tanpa penutup, kotak dengan tepi rendah, atau varietas lainnya. Jauhkan kotak pasir dari lalu lintas pejalan kaki yang padat atau suara keras. Ingatlah untuk membersihkan kotoran kucing Anda setiap hari dan lakukan pembersihan yang lebih dalam seminggu sekali.


5-Gunakan Makanan Berkualitas Tinggi 

Kucing berkembang biak dengan makanan berkualitas tinggi. Pastikan untuk menghindari makanan manusia yang beracun bagi kucing, dan hanya simpan tanaman rumah yang aman untuk kucing Anda. 


6-Berkreasilah dengan Mangkuk Makanan dan Air

Kucing cenderung minum lebih sedikit air daripada yang sebenarnya mereka butuhkan. Siapkan mangkuk air di berbagai tempat di rumah Anda dan pertimbangkan untuk menggunakan mangkuk yang disaring. Anda mungkin juga ingin mencoba mangkuk air mancur karena beberapa kucing lebih suka minum air mengalir. Ini lebih beroksigen, sehingga rasanya lebih enak bagi mereka, dan mereka dapat mendengarnya berjalan yang membuat mereka tahu bahwa itu lebih segar.2


7.Ciptakan Lingkungan Dalam Ruangan yang Menarik

Meskipun kucing cenderung lebih aman saat berada di dalam ruangan, mereka juga bisa bosan. Ciptakan lingkungan dalam ruangan yang menarik untuk kucing baru Anda. Siapkan kondominium dan pohon kucing agar kucing Anda bisa memanjat. 


Penutup


Sumber: How to Pet a Cat


Salah satu tips memelihara kucing yang cukup penting adalah teknik mengelus kucing. 

Bila Anda sebelumnya memelihara anjing yang suka dielus-elus perutnya, maka kucing berlaku kebalikannya. Kucing tidak suka dielus pada area perut, ekor, dan telapang kaki.

Kucing suka dielus pada lehernya dan digosok punggungnya searah dengan lembut. 

Semoga bermanfaat


admin/ hani
Halo, saya Hani

Related Posts

Posting Komentar